Recent Comments

Rabu, 17 November 2010

Roh Semangat Bernama Jiwa Muda



.......... Darah muda, Darahnya para Remaja
.......... Yang selalu merasa Gagah, tak pernah Mau Mengalah
.......... Masa muda, Masa Yang Berapi -api
.......... Yang maunya menang sendiri, Walau salah tak peduli

Ingat lirik lagu di atas? ya, Raja dangdut  om Rhoma Irama memang sangat tepat sekali mendeskripsikan sosok seorang pemuda. Penuh energik dan semangat yang tak pernah habis. Coba saja kita rasakan apakah itu juga terjadi pada diri kita?

Secara psikologis memang begitulah remaja. Adrenalin yang masih berlimpah membuat kita yang masih tergoilong muda ini terus menodorong untuk terus betgerak, bergerak dalam artian yang sesungguhnya taupun bergerak dalam arti terus membuat perubahan perubahan. Jiwa yang kita punya mau tak mau akan selalu menjadi jiwa pemberontakl jika ada sedikit saja hal yang kurang sesuai dengan konsep pemikiran kita. Langkah selanjutnya yang muncul adalah sebuah perlawanan. Bukan hanya melawan pada tindakan yang salah, bahkan sesuatu yang benarpun jika itu tidak sesuai dengan dirinya pasti akan langsung memunculkan perlawanan dari dalam diri.

Kita tentu pernah tahu bagaimana kisah para pemuda yang paling tua yang ada dalam sejarah Islam, yaitu para penuda Al Kahfi. bagi pemuda ini pemberontakan adalah langkah yang dipilih begitu mereka tahu Bangsanya tidak sesuai dengan apa yang mereka kehendaki yaitu Bangsa yang Islami. Mereka lalu memilih lari meninggalkan Bngsanya sampai Allah menidurkannya selama ratusan tahun. Dan ketika bangun, mereka telah mendapati bahwa Bangsa mereka telah menjadi Islam.

Kita juga tahu benar bagaimana para pemuda telah menjadi pelopor dalam sejarah kebangsaan kita. Bangsa Indonesia. Dari mulai Soekarno sebagai pendiri Bangsa, Soeharto yang Bapak Pembangunan Nasional, Muh. Yamin dkk yang menggagas sumpah pemuda. Semua itu adalah Telur Emas dari Roh Semangat yang terbalut dalam Jiwa Muda.

Semangat yang sama juga yang mendorong para pemuda melakukan berbagai kenakalan. Pada umumnya kenakalan muncul karena adanya rasa penasaran yang tinggi, dan dengan semngatnya pemuda lalu tanpa rahu mencoba. Inilah yang kemudian memunculkan kenkalan kenakalan yang aneh-aneh. Dari yang paling Konyol sampai yang paling Sadis dan kejam.

Sedahsyat apa kekuatan pemuda ini?

mari kita ingat lagi kata- kata soekarno, presidendan pendiri Negara kita tercinta. Beliau pernah berkata "Berilah aku sepuluh pemuda, maka akan aku ubah dunia".

Hanya sepuluh dan dengan sepuluh itu Beliau akan mampu mengubah dunia. Dari kata kata beliau ini kita dapat menyimpulkan betapa dahsyatnya potensi Jiwa Muda ini. Siapa yang masih mersa muda pasti akan merasakan getarannya. Getaran semangat yang tak terbatas. Terus meledak ledak tak henti-hentinya. Saya akui saat ini juga sama apa yang sedang saya rasakan. Semangat yang rasanya tak akan pernah habis.

Beberapa hari lalu, tepatnya pada hari pahlawan 28 Oktober, bebrapa pemuda Dinobatkan sebagai pemuda pelopor Indonesia (berita selengkapnya di sini) di bidangnya masing-masing. Karya adalah sesuatu yang mutlak dan harus dalam bingkai semangat muda kita. Usia muda dalah anugrah tersendiri. Ia adalah potensi yang kompensasinya adalah persembahan terbaik kita.

Soekarno mempersembahkan Indonesia pada dunia lewat usia mudanya, Yamin dkk menggagas prinsip kesatuan Berbangsa dan bernegara juga di usia muda, Larry Page, Sergey Brin, Jerry Yang , David FiloJoe Hewitt, Blake Ross, Mark Zuckerberg berkarya di dunia internet di usia 20 - an, Krtini dengan semangatnya menggugah pemikiran wanita Pribumi dalam usianya yang menjelang 20, Khilid bin Walid ( Kholid bin al-Walid bin al-Mughiroh bin Abdullah bin Umar bin Makhzum al-Qursy) dengan usianya yang 13 tahun lebih muda dari Rosulullah berani maju berperang dan bahkan menjadi pemimpin perang. Sudah Berapa umur kita? Kalau bukan mulai sekarang lalu kapan lagi?

Related Article:

0 komentar:

Posting Komentar


 

Total Tayangan Halaman

Footer Widget #3

Copyright 2010 GenerasiBiru. All rights reserved.
Themes by Bonard Alfin l Home Recording l Blogger Template